Selasa, 11 Mei 2010

Asal usul KENTUT

Apa itu kentut ?.
Dari gas dalam usus. Gas dalam usus berasal dari udara yg kita telan, gas yang menerobos ke usus dari darah, gas dari reaksi kimia & gas dari bacteria dalam perut.

Apa komposisi kentut ?.
Bervariasi. Makin banyak udara anda telan, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut (oksigen dari udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai di usus). Adanya bakteria serta reaksi kimia antara asam perut & cairan usus menghasilkan karbondioksida. Bakteria juga menghasilkan metana & hidrogen. Proporsi masing-masing gas tergantung apa yang anda makan, berapa banyak udara tertelan, jenis bakteria dalam usus, berapa lama kita menahan kentut.

Makin lama menahan kentut, makin besar proporsi nitrogen, karena gas-gas lain terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus. Orang yang makannya tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentut lebih banyak karena tubuhnya tidak sempat mengabsorbsi oksigen.

Dan kenapa kentut berbau busuk ?.
Bau kentut karena kandungan hidrogen sulfida & merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung sulfur (belerang). Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan anda, makin banyak sulfida & merkaptan diproduksi oleh bakteri dalam perut,& makin busuklah kentut anda. Telur & daging punya peranan besar dalam memproduksi bau busuk kentut. Kacang-kacangan berperan dalam memproduksi volume kentut, bukan dalam kebusukannya.

Gak salah kalo bau KENTUT kita BUSUK ! hhe
Bookmark and Share

6 komentar:

Siti Sarah Amaliani mengatakan...

ini beneran der ?

Derendra Noor Fajri mengatakan...

iya, hehe :D gue ahli kimia gtu loh.. anak IPA :)

Siti Sarah Amaliani mengatakan...

caelaaaaahhh...iya dah tau,anak ipa mah beda
wkwkwkwk

Derendra Noor Fajri mengatakan...

hha :D ahaiy..

Silmy Tamma Paramma mengatakan...

hahaha
Pantasan kentut bisa terbakar
bikin aja biogas dari kentut
namanya biokentut

Derendra Noor Fajri mengatakan...

jangan ah nanti kalo meledak baunya bau kentut silmy haha :D

Posting Komentar