Selasa, 03 April 2012

Perbedaan Pemrograman Berorientasi Objek dan Pemrograman Struktur

Maaf Bu pada tugas ini saya sempat telat menyerahkan kepada ketua kelas. Tetapi saya telah mengerjakannya sebelum tanggal 6 April 2012.


Kali ini saya akan menjelaskan tentang pemrograman berorientasi objek, pemrograman struktur dan tentang perbedaan dari kedua pemrograman tersebut. 

PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK

Pemrograman berorientasi objek (atau biasa disebut dengan OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, pmemproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya,

Konsep dasar dari Pemrograman Berorientasi Objek Pemrograman:
*) Kelas merupakan kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebuah class secara tipikal sebaiknya dapat dikenali oleh seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain permasalahan yang ada, dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif) bersifat mandiri dan independen.
*) Objek merupakan membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer, objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.
*) Enkapsulasi adalah memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak; hanya metode dalam objek tersebut yang diberi izin untuk mengakses keadaannya.
*) Polimorfisme adalah tidak bergantung kepada pemanggilan subrutin, bahasa orientasi objek dapat mengirim pesan; metode tertentu yang berhubungan dengan sebuah pengiriman pesan tergantung kepada objek tertentu di mana pesan tersebut dikirim.

 Contoh bahasa pemrograman yang mendukung OOP yaitu : JAVA, C++, PYTHON, RUBY, PHP, DELPHI dan VISUAL BASIC.NET

PEMROGRAMAN STRUKTUR

Pemrograman terstruktur adalah suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program. Prinsip dari pemrograman terstruktur adalah bahwa Apabila kita sudah sampai pada langkah tertentu, kita tidak boleh mengeksekusi langkah sebelumnya. Hal ini dikecualikan pada langkah-langkah untuk proses berulang.

Sifat-sifat dari pemrograman terstruktur dapat diuraikan sebagai berikut :
*) Memuat teknik pemecahan masalah yang logis dan sistematis
*) Memuat algoritma yang efisien, efektif dan sederhana
*) Program disusun dengan logika yang mudah dipahami
*) Tidak menggunakan perintah GOTO
*) Biaya pengujian program relatif rendah
*) Memiliki dokumentasi yang baik
*) Biaya perawatan dan dokumentasi yang dbuthkan relatif rendah
Tujuan Pemrograman Terstruktur adalah:
*) Untuk meningkatkan kualitas dan kehandalan program
*) Untuk memudahkan pemahaman terhadap isi program
*) Untuk menyederhanakan program
*) Untuk maintenance (pemeliharaan) program

PERBEDAAN ANTARA PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK DAN PEMROGRAMAN STRUKTUR
Menurut saya berdasarkan paparan diatas sangat terlihat bahwa pemrograman tersktruktur unggul dalam melakukan pemrograman sederhana karena lebih efisien dan lebih murah dalam hal perawatannya tetapi permodelan ini lebih susah untuk dipahami oleh orang – orang selain pembuat program itu sendiri (contohnya ketika dlakukan tracing program).

Jadi kesimpulannya perbedaan kedua pemrograman tersebut adalah pemrograman berorientasi objek sangat cocok sekali digunakan dalam kasus pembuatan software yang rumit dan kompleks karena memberikan berbagai kemudahan kepada pemrogram seperti yang telah disebutkan diatas.

Untuk masalah permodelan, itu tergantung dari kebutuhan dan dari sudut pandang mana anda melihatnya. Yang perlu di ingat adalah tujuan dari pemodelan itu sendiri, yang mana agar pada akhir proyek sistem dapat diperoleh sistem informasi yang memenuhi kebutuhan pemakai, tepat waktu dan sesuai anggaran, serta mudah digunakan, dimengerti dan dipelihara.

sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman_berorientasi_objek
http://shandy-06shihab.blogspot.com/2010/10/pemrograman-terstruktur.html
http://zupazola-dwinitap.blogspot.com/2012/04/perbedaan-pemrograman-berorientasi.html





Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar